4 Cara Menata Ruang Tamu Untuk Menampilkan Kesan Mewah

Selain kamar, ruang tamu menjadi bagian penting yang harus diperhatikan tata aturannya. Pasalnya ruangan ini menjadi tempat berkumpulnya tamu yang tentu akan menjadi pusat perhatian pertama kali. Berbicara mengenai hal ini bagaimana cara menata ruang tamu agar tampak elegan namun praktis dan efisien?

1. Menentukan titik fokus

Cara menata ruang tamu yang pertama adalah dengan menentukan titik fokus yang ada dalam ruangan. Focal Point ini akan membantu pemilik rumah dalam mengatur jarak sekaligus posisi yang pas untuk barang-barang yang diletakkan di ruang tamu. Seperti sofa meja, jendela, atau bahkan televisi.

2. Menggunakan Furniture

Furniture merupakan bagian terpenting untuk menciptakan ruang tamu yang mewah dan elegan. Furniture ini bisa berupa kursi, meja, lemari kaca, dan lain sebagainya. Dengan adanya barang-barang ini tuan rumah dan tamu akan merasa nyaman untuk mengobrol. Selain itu ruang tamu yang seperti ini akan memberikan kesan tersendiri.

3. Memasang Karpet

Untuk cara menata ruang tamu yang berikutnya adalah dengan memasang karpet. Percayalah sekalipun rumah tidak terlalu besar, namun jika pemilik pandai menyandingkan barang-barang pasti akan tampak bagus dan rapi. Salah satu benda yang bisa memberikan kesan rapi adalah karpet.

Anda bisa memakai karpet untuk menentukan area yang akan ditempati oleh sofa. Untuk karpet sendiri bisa memilih sesuai selera, namun tetap harus diseragamkan warnanya agar menemukan kombinasi yang pas. Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah menempatkan karpet yang terlalu kecil atau sebaliknya. Jadi pastikan ukurannya pas.

4. Menempatkan Aksesoris Untuk Ruang Tamu

Aksesoris sering dimanfaatkan sebagai pelengkap yang mampu memberikan kesan indah pada lokasi yang di tempatinya. Begitupun dengan ruang tamu, Anda bisa menggunakan aksesoris khusus ruang tamu untuk menciptakan nuansa santai dan ruangan tampak lebih hidup.

Ada beragam jenis furniture yang bisa Anda gunakan seperti tirai di jendela, pajangan, lukisan, tanaman dalam pot, lampu, foto dan masih banyak lagi lainnya. Dengan begitu ruangan tidak akan kosong dan tampak indah dengan adanya aksesoris yang melengkapinya.

5. Jauhkan Furniture Dari Dinding

Cara menata ruang tamu yang terakhir adalah dengan menjauhkan furniture dari dinding. Hal ini dikarenakan tingkat estetik penempatan akan lebih terasa ketika perabotan yang ada di ruangan mempunyai jarak standar. Jadi tidak terlalu jauh dari dinding juga sebaliknya. 

Ada satu saran untuk Anda yakni menempatkan perabotan dengan posisi yang lebih dekat dengan catatan tidak menempel langsung pada tembok. Tujuannya adalah menciptakan penataan ruangan yang membuat penghuni dan para tamu bisa lebih akrab layaknya keluarga.