5 Destinasi Wisata Super Prioritas yang Sedang Dikembangkan

Santer terdengar destinasi wisata super prioritas di Indonesia yang dinilai punya potensi besar sebagai ‘Bali Baru’. Program tersebut merupakan cara Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata sehingga keunggulan destinasi di daerah lain yang gak kalah indah dari Bali dikenal dunia.

Apa Saja Destinasi Wisata Super Prioritas 2021? 

Dianugerahi bentang alam yang mengagumkan, wajar saja kalau potensi wisata di beberapa wilayah Indonesia besar banget. Agar bisa dikembangkan secara maksimal, maka dibuat daftar Destinasi Super Prioritas alias DPS.

Tapi, gak semua titik ditangani secara langsung karena hasilnya bakal kurang memenuhi target. Jadi, Pemerintah memprioritaskan 5 tempat wisata dulu yang ada di Sumatera, Sulawesi, Jawa Tengah, NTB dan NTT.

Apa saja sih nama destinasinya dan keistimewaan yang dimiliki? Simak penjelasan berikut, ya!

  • Danau Toba, Sumatera Utara 

Sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba memang pantas dimasukan ke daftar prioritas karena potensial untuk menggaet lebih banyak wisatawan.

Danau Toba menyuguhkan pemandangan sekitar berupa perbukitan hijau yang gak dipunyai negara lain. Belum lagi di bagian tengahnya, berdiri megah Pulau Samosir dengan luas yang hampir sama dengan Singapura. Wah, kebayang betapa luasnya Danau Toba, kan?

  • Likupang, Sulawesi Utara

Kalau soal wisata bahari, sih, Indonesia jagonya! Terbukti adanya pesona alam Likupang yang bisa menyihir siapa saja dengan keindahan pantai, taman bawah laut, hutan bakau dan savananya.

Ekosistem bawah laut di Likupang sangat kaya, lo. Wajar karena wilayah ini masuk dalam ‘Segitiga Terumbu Karang’ dunia. Daya tarik yang seperti ini punya potensi besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Berwisata bahari memang kurang lengkap kalau tidak snorkeling, diving dan menyantap kuliner khas. Kabar baiknya, Likupang punya itu semua.

  • Candi Borobudur, Jawa Tengah 

Bangunan peninggalan abad ke-8 ini merupakan candi Budha terbesar di dunia, lo. Bahkan sampai saat ini, Candi Borobudur menjadi satu-satunya destinasi yang paling banyak disambangi wisatawan lokal dan mancanegara. Hebat, kan?

Daya tarik utama Candi Borobudur adalah arsitekturnya yang super megah dan relief yang penuh makna. Bangunannya terdiri atas 3 bagian dan punya 4 pintu masuk. Tiga bagian itu disebut dengan Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.

  • Mandalika, Nusa Tenggara Barat 

Destinasi selanjutnya adalah kawasan wisata Mandalika yang ada di NTB. Nama Mandalika semakin populer setelah ditetapkan menjadi salah satu tuan rumah dari balap kelas dunia MotoGP.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia untuk mempromosikan potensi wisata di sekitar Mandalika. Misalnya, pesona pantai yang berpanorama menakjubkan dan ombak yang ideal untuk berselancar.

  • Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur 

Alasan utama Labuan Bajo diprioritaskan adalah adanya Pulau Komodo yang menjadi habitat satu-satunya spesies hewan purba yang masih hidup yaitu Komodo.

Komodo di kawasan Labuan Bajo dibiarkan hidup bebas sehingga wisatawan bisa melihat bagaimana kehidupan satwa tersebut secara langsung. Bahkan di bawah pengawasan para guide, pengunjung boleh berfoto sebelahan dengan si Komodo, lo.

Gak cuma itu, daya tarik lain dari Labuan Bajo adalah bentang alam yang masih alami dan pesona bawah laut yang dijamin memanjakan mata.

Usaha untuk Mengembangkan Destinasi Super Prioritas 

Pengembangan lima destinasi wisata super prioritas sedang dikerjakan semaksimal mungkin demi memajukan sektor pariwisata Indonesia.

Karena masuk kategori “super prioritas”, tentu saja ada beberapa hal yang disiapkan secara serius, antara lain:

  • Infrastruktur 

Mempersiapkan infrastruktur jelas penting. Coba bayangkan, kamu pasti akan malas ke tempat wisata yang aksesnya susah, kan?

Semakin mudah dan banyak pilihan yang tersedia, maka wisatawan yang datang bakal terus bertambah. Makanya, Pemerintah memastikan infrastruktur seperti jalan, bandara dan pelabuhan punya kualitas kelas dunia dan bisa diakses tanpa kendala.

  • Kualitas SDM

Sumber daya manusia jelas disiapkan dengan baik untuk melayani para wisatawan yang liburan di destinasi super prioritas. Statusnya kan sebagai ‘Bali Baru’, nih, maka dari itu kualitas SDM harus menyamai seperti di Bali atau bahkan melebihi.

  • Produk Ekonomi Kreatif

Bukan sebatas menambah angka kunjungan, DSP juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Salah satu yang menjadi fokus adalah kuliner yang ada di destinasi super prioritas. Wisatawan dari manapun asalnya, pasti bakal tertarik mencicipi makanan khas untuk langsung disantap atau dibawa pulang.

Jadi, wisatawan yang datang ke Danau Toba, contohnya, akan terngiang-ngiang dengan kuliner khasnya seperti mie gomal dan ikan arsik.

  • Jaringan Telekomunikasi 

Kalau sedang berlibur di tempat yang indah, pasti ada ingin langsung update di medsos, kan? Bukan cuma kamu saja, kok, karena semua wisatawan pasti seperti itu.

Makanya, jaringan telekomunikasi di Destinasi Super Prioritas termasuk yang wajib dibangun dengan maksimal. Selain upload foto dan video, menghubungi saudara atau teman yang gak ikut liburan juga bakal lebih mudah.

Memilih Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas memang keputusan yang tepat. Pesona alam dan kekhasan yang dimiliki masing-masing tempat terbukti punya potensi untuk lebih memajukan pariwisata Indonesia.