5 Tips Jitu Hindari Penipuan Berkedok Jasa Pengiriman Barang

Meski zaman sudah digital, penipuan berkedok jasa pengiriman barang tak bisa dihindari. Justru kecanggihan digital ini dimanfaatkan untuk hal-hal buruk, tak terkecuali untuk penipuan. Bagi Anda yang kerap bepergian jarak jauh dan harus mengirimkan kendaraan dalam ekspedisi, pastikan Anda menghindari calo ekspedisi mobil atau motor untuk menghindari penipuan.

Bagaimana cara jitu menghindari ekspedisi abal-abal untuk memanipulasi pelanggan agar percaya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ekspedisi Punya Legalitas yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Pastikan Anda yakin jika ekspedisi tersebut memiliki legalitas dan surat izin operasional ketika menjalankan usaha. Jika jasa pengiriman tersebut memiliki alamat kantor yang jelas, maka pastikan pula bahwa hal itu bukanlah fiktif. Anda bisa mengecek situs website-nya secara resmi yang umumnya berisi tentang aktivitas harian ekspedisi.

1.      Memiliki Jam Terbang Pasti

Pengalaman dalam menjalankan sebuah perusahaan akan jadi salah satu kekuatan untuk menarik konsumen. Semakin tinggi jam terbang perusahaan, maka akan banyak hal yang bisa dipelajari selama bertumbuh. Hal ini tentu jadi catatan penting karena banyak jasa pengiriman barang yang tidak profesional, baik dari segi pegawai, maupun sistemnya.

2.      Bisa Menyediakan Asuransi untuk Barang Berharga

Ada kalanya konsumen membutuhkan pengiriman untuk barang-barang berharga, misalkan emas, KTP, KK, atau lainnya. Tak jarang untuk ekspedisi kendaraan seperti mobil atau motor memerlukan untuk dikirim ke luar pulau. Dengan demikian, konsumen akan merasa lebih safety karena mendapatkan jaminan atas keselamatan produk yang dipaketkan.

3.      Wajib Menerima Resi Pengiriman Barang

Jangan lengah dan teledor ketika Anda mengirimkan paket. Pastikan Anda menyimpan nomor resi pengiriman untuk selalu memantau kondisi dan lokasi barang saat dikirimkan. Jika Anda tak menerima resi, maka ekspedisi tersebut perlu dipertanyakan kredibilitasnya. Selalu berharti-hati adalah langkah penting untuk konsumen.

4.      Memantau Estimasi Kedatangan Paket

Keberadaan resi menjadikan Anda lebih mudah melacak paket. Pantau sesuai dengan estimasi yang diberikan. Jika melebihi waktu yang dijanjikan. Anda bisa menghubungi pihak pengiriman untuk melakukan konfirmasi lanjutan.

Jasa pengiriman barang yang bertanggung jawab pasti akan memastikan bahwa paket Anda sampai di tujuan dengan selamat. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal di atas untuk menghindari adanya kecurangan di dalam proses pengiriman, baik oleh oknum, maupun berdasarkan sistem. Cargonesia termasuk salah satu ekspedisi yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen tanpa terkecuali.