Buat Para Vendor, Ini Tips Agar Bisnis Banyak Order

Pelaku bisnis selalu memiliki strategi khusus agar penjualan selalu meningkat dan diimbangi dengan peningkatan konsumen yang membeli produk atau jasa. Namun bagi pemula hal ini menjadi salah satu masalah yang cukup sulit dilakukan, sehingga perlunya memahami tips agar bisnis banyak order.

Repeat order misalnya, vendor tidak hanya mengajak konsumen baru namun juga harus mampu menggandeng pelanggan untuk bisa membeli produknya lagi. Dengan demikian mampu meningkatkan penjualan yang lebih banyak.

Tips Agar Bisnis Banyak Orderan

Terdapat banyak cara untuk bisa meningkatkan orderan yang dilakukan oleh vendor. Berikut inilah tipsnya mendapatkan banyak orderan untuk meningkatkan penjualan.

1.   Memberi Diskon untuk Pembelian Berikutnya

Tips yang satu ini berlaku untuk pelanggan yang ingin melakukan repeat order dengan cara memberi diskon pada pembelian selanjutnya. Ketika pelanggan membeli produk sertakan kode voucher sebagai diskon agar digunakan untuk repeat order.

Meskipun memang diskon terkadang bisa membuat bisnis merugi namun jika diterapkan dengan tepat maka bisa menaikkan orderan. Guna memastikan repeat order bisa memberikan expired date untuk penggunaan voucher.

2.   Membuat Pelanggan Merasa Spesial

Saat pelanggan membeli produk atau jasa yang sedang dijual maka perlakukan dengan baik. Dalam hal ini Anda bisa memberi pesan secara personal mengenai atau menginformasikan tentang packaging.

Anda bisa memberi perhatian khusus pada pelanggan melalui pesan setelah pembelian. Selain itu tanyakan juga pada pelanggan apakah produk sudah diterima atau belum.

3.   Memberikan Layanan CS Terbaik

CS merupakan salah satu jembatan penghubung antara pelaku usaha dan juga konsumen. CS akan memberikan tugasnya untuk memberi informasi yang dimintai oleh konsumen.

Dengan mendapatkan informasi yang cukup jelas biasanya konsumen tertarik untuk membelinya. Hal ini tentu bisa meningkatkan penjualan produk.

4.   Mengirim Barang Tepat Waktu

Cara paling efektif untuk meningkatkan repeat order yakni dengan on time delivery. Apabila menjual produk di toko online maka setiap pesanan mempunyai estimasi waktu untuk pengiriman.

Dalam menjaga kepuasan konsumen agar mau repeat order maka kirimkan barang yang telah dipesan dengan tepat waktu. Selain itu lakukan pelacakan terkait pengiriman produknya agar sampai ke konsumen tepat waktu.

5.   Memberikan Harga yang Kompetitif

Harga murah pada penjualan produk memang menjadi salah satu idaman bagi semua konsumen. Apabila jualan vendor ini menawarkan harga yang lebih murah di pasaran maka secara otomatis akan repeat order.

Begitupun sebaliknya jika memasang harga yang lebih mahal maka harus mampu menonjolkan unique selling point dari produk yang dijual. Tentukanlah poin unik yang berbeda dengan produk lainnya.

6.   Gunakan Retargeting

Tips agar bisnis banyak orderan dengan melakukan retargeting. Retargeting ini merupakan strategi pemasaran yang membuat target pada pelanggan sesuai pembelian sebelumnya.

Ingatkan kembali pelanggan yang membeli produk sebelumnya melalui email ataupun WA. Retargeting bisa dilakukan secara manual melalui tool retargeting seperti halnya Google Ads.

7.   Memberikan Freebies bagi Pelanggan

Freebies atau bonus mampu meningkatkan repeat order. Pemberian produk secara gratis mampu menarik daya minat pelanggan untuk membeli produk lagi.

Freebies yang diberikan bisa berupa sampel produk yang lain. Dengan demikian pelanggan akan tertarik dan melakukan repeat order pada produk yang lain.

8.   Menambah Produk

Tips agar bisnis banyak orderan salah satunya dengan menambah produk yang dijual pada usaha. Dengan adanya berbagai macam pilihan produk, maka pembeli pun akan datang dan tidak bosan membeli produk yang sama.

Update produk secara berkala guna menambah daya tarik pada pelanggan yang sudah lama membeli produk yang Anda jual. Guna menarik perhatian, jangan lupa beritahukan adanya produk baru melaui media sosial, email ataupun secara pribadi saat pelanggan membeli barang langsung di store.

Tidak perlu takut dengan menambahkan produk baru, terlebih ika sudah memiliki distributor. Selain dari pemasaran terjamin, kini Anda juga bisa tenang dengan berbagai permasakahan cashflow yang tersendat.

Dengan menggunakan system pinjaman jaminan invoice, Anda bisa menambah produk dengan tenang. Karena biasanya pembayaran dari  distributor lama apalagi dengan pembayaran sistim berjangka. Dengan invoice financing, tentu menjadikan Anda tenang karena cashflow tidak terganggu.

9.   Memanfaatkan User Generated Content atau UGC

UGC merupakan bentuk konten yang bisa didapatkkan dari beberapa pelanggan yang telah memberi produk. Anda hanya perlu meminta pelanggan tersebut untuk memberi feedback terkait transaksi yang sebelumnya dilakukan atas produk.

Pelangan akan merasa sangat dihargai dengan adanya UGC karena bisa mengeluarkan unek-unek yang dialaminya setelah membeli produk. UGC berisi tentang foto, video ataupun komentar yang mana juga bisa dibaca oleh pelanggan lain.

Demikianlah beberapa uraian terkait tips agar bisnis banyak orderan. Sebagai vendor perlu menggunakan strategi marketing yang jitu untuk menaikkan jumlah orderan.