Cara Bikin brand Unik Yang Menjual

Nama brand unik merupakan salah satu strategi advertising yang harud diperhatikan. Karena sebuah nama logo harus mudah melekat dibenak konsumen.

Meski demikian, untuk mendapatkan brand unik yang menjual juga bukan perkara yang mudah. Hal ini tentu adanya persaingan di pasar. Dalam persaingan bisnis tentu kamu punya pesaing dan memiliki emblem yang mungkin telah lebih dahulu dikenal.

Tetapi jangan dibikin pusing, dilansir dari koinworks, berikut beberapa cara membuat logo unik yang menjual sehingga produk kamu dikenal di pasaran, diantaranya:

1.Mencerminkan produk

Jika memilih nama brand maka harus disesuaikan dengan produk yang akan kamu jual. Tentunya hal ini agar konsumen langsung mengerti brand unik yang akan kamu jual begitu pertama kali mendengarnya.

Sebagai contoh kopi kenangan, maka didalam benak konsumen maka yang terbayang adalah sebuah produk minuman yang berasal dari kopi. Jangan bikin nama emblem tetapi tidak ada unsur produk yang kamu jual, sehingga konsumen tidak mengetahui bisnis kamu.

Nah ketika kamu memilih sebuah logo yang berasal dari sebuah produk maka akan mempermudah kamu untuk melakukan branding apalagi ketika kamu akan mempromosikan produk kamu di ranah virtual, yang kata kunci menjadi sesuatu yang sangat penting dalam tehnik seo dan SEM.

baca juga : https://kontenstore.Com/guidelines/peluang-bisnis-roti-milenial-bagi-pemula/

2.Bermakna positif

Langkah selanjutnya dalam membuat brand unik yang menjual adalah dengan memilih nama yang memiliki kesan positif dan bukan berkesan negatif. Seperti contoh minuman greater Joss artinya lebih memiliki kekuatan atau kasarnya ‘lebih kuat’ yang tentunya bersifat positif.

Selain itu, ada beberapa nama emblem yang memiliki arti positif seperti minuman nutrisari yang memberikan kesan nutrisi yang merupakan hal yang penting bagi tubuh. Sementara itu ‘Sari’ diartinya sebagai inti, sehingga konsumen akan memahami Nutrisari merupakan nutrisi inti yang harus diminum sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih sehat.

3.Adaptasi dari beberapa kata

Jika kamu belum menemukan juga, maka kamu bisa membuat logo unik dengan menggabungkan beberapa kata populer menjadi satu sehingga menciptakan nama baru tetapi tidak asing di telinga masyarakat.

Cara seperti ini bisa dicontohkan seperti logo Indomie yang berasal dari kata Indonesia dan makanan berbahan mie. Sehingga konsumen akan memahaminya indomie sebagai makanan berbahan dasar mie yang ada di Indonesia.

Ada juga menggabungkan nama orang seperti Jamu Nyonya Menner yang merupakan penggambungan nama produk dan nama orang yang membuat jamunya. Selain itu, ada Ayam Geprek Bensu, Tongseng Pak Rebo, dll.

Sebaiknya dalam kata pertama tersebut merupakan pilihan kata yang berasal dari produk yang kamu jual, seperti minuman, makanan, masakan, dll, kemudian disusul kata kedua yang bisa menerangkan nama pembuatnya, kata yang kocak, nyeleneh, dll. Tetapi orang tetap tahu produk yang kamu jual.

4.Mudah diucapkan

Selanjutnya untuk membuat logo unik maka gunakanlah pilihan kata yang mudah diucapkan dan mudah untuk diingat. Jangan pernah membuat nama logo yang sulit karena biar dianggap unik dan tidak disamakan oleh produk serupa. Hal itu malah bisa berimbas orang sulit untuk mengingatnya.

Seperti contoh, kacang dua kelinci, Steak Moen-Moen, dll, merupakan nama produk yang dijual dengan kombinasi nama yang sederhana dan mudah dibaca dan gampang diingat.

Agar nama brand kamu terbukti mudah diingat, maka silakan coba kamu menyebutkan logo unik kamu melalui sambungan telepon kepada saudara, kerabat, dan teman-teman. Jika mereka mudah menyebutkannya dan ingat maka brand kamu mudah diterima masyarakat.

5.Bermain kata

Cara yang agak ekstrem untuk memilih nama logo unik yang menjual bisa diambil dari kata-kata yang sedang eksis di daerah tertentu dan diwaktu itu. Bisa mengkombinasikan, mengurang, memelesetkannya.

Contohnya Blibli untuk sebuat platform marketplace, ada juga pegipegi yang juga platform pariwisata yang menjual tiket penerbangan dan resort.

Ketika kamu menggunakan pendengaran maka tetap yang terdengar adalah beli-beli tetapi tulisan yang berbeda, begitu juga dengan pegi-pegi maka akan terdengar ditelinga adalah pergi-pergi, karena hal tersebut otak bekerja dengan mengartikan kosakata yang terdekat.

Nah, nama-nama emblem unik ini yang berkesan di konsumen. Sehingga membuat konsumen penasaran, mudah dingat, dan mudah disebutkan.

Baca Juga :https://kontenstore.Com/recommendations/7-recommendations-cari-tempat-usaha-warkop/

6.Menggunakan angka

Salah satu cara lainnya adalah dengan menggunakan bilangan angka. Tencent salah satu perusahaan teknologi asal China merupakan salah satu diantaranya. Atau 5 guys sebuah restoran burger asal Amerika Serikat yang memiliki lini usaha bertaraf worldwide dan memiliki cabang di seluruh dunia.

Emblem yang mengandung unsur angka ini juga tergolong emblem unik. Sehingga mampu memancing rasa penasaran seseorang ketika mendengarnya. Selain itu, mereka kan mencari tahu seperti apa sih dan mencari latar belakangnya.

7.Gabungkan dengan deksripsi bisnis

Ketika kamu memilih nama brand yang tidak memiliki makna, maka sebaiknya digabungkan nama tersebut kedalam deskripsi bisnis kamu. Seperti J.Co Donuts dan Coffe yang tentu orang akan paham dengan deskripsi bisnisnya yaitu menyajikan donat dan kopi.

Itulah beberapa cara agar dapat memilih nama emblem unik yang menjual, Dengan patokan mudah diucapkan, mudah didengar, dan mudah diingat maka kamu sudah bisa menentukan nama brand bisnis kamu.