Cara Salto Belakang Tanpa Tangan Dengan Aman

Pergerakan salto ke belakang ialah pergerakan gimnastik yang kelihatan benar-benar menakjubkan bila dilaksanakan secara benar. Saat sebelum latihan, dalami dulu tehnik yang betul dan langkah yang paling aman lakukan pergerakan itu.

Pergerakan ini benar-benar beresiko dan dapat memunculkan cidera serius bila tehniknya salah. Supaya bisa lakukan salto ke belakang, yakinkan keadaan badan Anda sehat dan dapat melonjak. Oleh Karena itu kerjakan pergerakan dasar dulu dengan cara salto belakang tanpa tangan saat sebelum lakukan pergerakan yang aslinya.

Latihanlah pergerakan bergulung ke belakang dan ke depan. Latihan pergerakan bergulir ke belakang dan ke depan ialah langkah awal sebagai penyiapan untuk lakukan salto ke belakang. Yakinkan Anda bergulir lempeng ke belakang atau ke depan, tidak boleh ke samping.

  • Mulai latihan lakukan pergerakan bergulir memakai matras yang tempatnya turun.
  • Dengan begitu, pergerakan bergulir lebih gampang dilaksanakan dan menolong Anda melatih diri ada di status kebalik (kepala lebih rendah dibanding kaki).

Latihanlah melonjak. Faktor paling penting saat lakukan salto ke belakang ialah kekuatan melonjak dengan tinggi kemungkinan dari lantai.

  • Maka dari itu, Anda harus kuasai tehnik melonjak supaya sanggup melonjak dengan tinggi mungkin.
  • Mulai latihan dengan berdiri di lantai sekalian menekuk ke-2 lutut lalu ayunkan ke-2 lengan sebagai momen untuk melonjak ke atas dengan tinggi mungkin.
  • Kemudian, Anda dapat latihan di atas lainnya, misalkan di kasur, di kotak, atau di atas tembok yang tempatnya semakin tinggi dibanding pinggang. Melompatlah ke bawah dan yakinkan Anda landing sekalian menekuk ke-2 lutut. Bila ada tempat yang cukup lega, peluklah ke-2 lutut di dada lalu teruskan dengan bergulir ke belakang.

Pakai chin-up bar. Sebagai penyiapan, latihanlah dengan kontribusi chin-up bar supaya Anda sanggup dekatkan lutut ke dada untuk lakukan pergerakan salto ke belakang.

  • Pakai chin-up bar yang tempatnya semakin tinggi dibanding kepala karena Anda harus melonjak untuk mencapainya.
  • Melompatlah untuk raih tiang di atas kepala kuat-kuat sekalian usaha dekatkan lutut ke dada. Meskipun berasa menolong, usahakanlah lakukan pergerakan ini tanpa mendangakkan kepala.
  • Bila Anda siap, teruskan dengan lakukan salto ke belakang sekalian masih tetap berpegangan pada tiang lalu landinglah di lantai sekalian menekuk ke-2 lutut. Tehnik pergerakan ini akan Anda pakai saat lakukan salto ke belakang yang sebetulnya.

Latihanlah memakai trampolin. Bila Anda tidak siap lakukan pergerakan ini tanpa kontribusi apa saja, pakai trampolin supaya Anda landing di atas yang halus untuk mengantisipasi bila sampai jatuh!

  • Latihanlah memakai di trampolin yang lumayan besar di lokasi yang sediakan alat itu secara professional dan ada pelatih bersertifikasi yang dapat menolong Anda latihan dengan aman. Tidak boleh memakai trampolin yang kecil dan latihan sendiri karena langkah ini benar-benar beresiko.
  • Mulai latihan lakukan salto ke belakang saat badan Anda membumbung tinggi. Trampolin akan melemparkan badan Anda ke atas semakin tinggi hingga lebih beberapa waktu yang ada untuk lakukan salto dibanding bila Anda melonjak dari lantai.

Selanjutnya, latihanlah lakukan salto ke belakang dari status berdiri di atas trampolin. Apabila sudah dapat, Anda siap lakukan pergerakan ini dari lantai.