Cepat dan Akurat! Berikut 3 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Salah satu kerusakan yang dapat terjadi pada perangkat laptop yaitu keyboard. Komponen tersebut dapat rusak sebab sering dipakai untuk keperluan mengetik. Ketika keyboard laptop anda mengalami kerusakan misalnya beberapa tombol tidak dapat dimanfaatkan, tentu ini akan membuat anda merasa panik.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli laptop baru maupun mengantarnya ke tempat servis, ada baiknya anda mencoba memperbaikinya sendiri. Berikut ini Haxina.com akan mengulas tentang cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa anda coba.

1. Membersihkan komponen keyboard

Apabila hanya beberapa tombol saja yang tidak bisa digunakan dan tombol lainnya masih berfungsi, maka kemungkinan dalam komponen tersebut terdapat tumbukan debu. Untuk membuang debu tersebut secara efektif, anda bisa memiringkan perangkat laptop lalu digoyang-goyangkan.

Selain itu, anda juga dapat mengangkat debunya dengan menggunakan selotip yang diletakkan pada sela-sela keyboard. Usahakan agar selotip yang anda gunakan masih dalam kondisi lengket sehingga bisa mengangkat debu yang menempel pada keyboard.

2. Restart laptop

Apabila seluruh tombol keyboard tiba-tiba tidak merespon, ada kemungkinan terjadi masalah pada driver atau software. Anda dapat merestart laptop anda untuk membantu memperbaikinya.

Akan tetapi, apabila cara tersebut masih belum mampu mengatasi masalah kerusakan keyboard, mungkin memang terjadi eror yang akhirnya membuat perangkat keras yang tersambung pada laptop tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

3. Restore windows

Apabila keyboard anda tidak berfungsi setelah anda melakukan instalasi aplikasi baru, maka anda bisa mencoba untuk restore windows. Adapun langkah yang bisa anda terapkan yaitu :

  • Klik menu start dan klik Control panel
  • Berikutnya pilih opsi menu system and security kemudian pilih menu back up your computer
  • Langkah selanjutnya yaitu klik menu Open system restore
  • Jika langkah diatas sudah anda terapkan, laptop anda secara otomatis akan reboot. Apabila masalah terjadi akibat kerusakan sistem, dengan cara ini maka keyboard anda akan berfungsi kembali.

Itulah ulasan Haxina.com mengenai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi dengan mudah. Masih banyak tips tentang teknologi lainnya yang dapat anda akses melalui laman Haxina. Dari laman tersebut anda bisa menemukan berbagai informasi teknologi terkini dan lengkap.