Fintech Ekonomi Syariah

Fenomena hijrah para masyarakat di Indonesia terlihat semakin pesat, apalagi dengan hadirnya kemajuan teknologi informasi yang mumpuni hingga menghadirkan layanan fintech syariah untuk solusi tepat. Dalam berita fintech Indonesia terdapat beberapa manfaat fintech ekonomi syariah bagi perkembangan bisnis masyarakat.

Manfaat Fintech Ekonomi Berbasis Syariah

Pada dasarnya memang manfaat fintech syariah cukup banyak untuk pemberdayaan sekaligus kemaslahatan umat. Berikut ini beberapa manfaat yang perlu anda ketahui tersebut.

1. Meningkatkan Kesejahteraan Pelaku Bisnis

Fintech syariah sangat bermanfaat untuk membantu pelaku bisnis karena ketidakmampuan mereka menjangkau perbankan agar bisa mendapatkan modal untuk usahanya. Umumnya bank akan menetapkan persyaratan cukup rumit yang berbeda dengan fintech syariah.

Dengan dana pinjaman dari fintech syariah, maka pelaku bisnis akan semakin sukses dalam mengembangkan bisnis mereka. Selain itu, sistem pembayaran pinjaman juga tanpa bunga sehingga peminjam tidak terlalu terbebani.

2. Bebas dari Riba

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas bahwa fintech syariah bebas dari bunga. Oleh karena itu, layanan keuangan ini cukup aman sebab tidak menetapkan bunga yang mungkin bisa menjerat pihak peminjam.

Dalam fintech syariah menggunakan sistem bagi hasil atas keuntungan yang didapatkan. Manfaat fintech ekonomi syariah ini tentu sangat membantu pihak masyarakat karena keuntungan bisa dirasakan bersama, bahkan jika terjadi kerugian pun bisa ditanggung bersama sesuai kesepakatan di awal.

3. Lebih Aman

Sistem fintech syariah yang menerapkan prinsip bebas riba pastinya akan sangat aman. Karena riba hanya menguntungkan salah satu pihak saja dan merugikan pihak lainnya. Disamping itu, untuk menjalankan usaha harus mengikuti aturan OJK sekaligus DSN MUI agar tidak merasa khawatir dengan resiko tipuan.

Pastikan anda memilih layanan fintech yang benar-benar terpercaya yang sudah terdaftar di OJK. Dengan demikian, segala aktivitas keuangan anda bisa diawasi OJK dan minim resiko.

Itulah ulasan tentang sejumlah manfaat fintech ekonomi syariah untuk anda ketahui. Pastinya kehadiran fintech syariah ini dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya para pelaku bisnis yang memerlukan pembiayaan secara aman, halal dan bebas dari riba.