Kalkulator KPR: Cara Melakukan Simulasi KPR Sebelum Pengajuan

Rumah sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang, tidak heran jika semua orang ingin memiliki rumah yang di idamkan. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga menjadi bagian penting untuk mendukung keberlangsungan hidup setiap orang. Namun harganya yang mahal sering membuat orang kesulitan untuk mendapatkan hunian. Untungnya saat ini sudah ada sistem KPR yang bisa memberikan kemudahan untuk mendapatkan rumah dalam waktu lebih cepat. Seperti yang diketahui jika sistem pembayaran kredit lebih banyak resikonya, jadi sebelum pengajuan ada baiknya untuk memperhitungkan dengan menggunakan kalkulator KPR yang ada.

Cara memiliki rumah dengan pembayaran kredit saat ini memang lebih banyak diminati oleh masyarakat luas. Dimana dengan begitu setiap orang akan lebih mudah dan cepat mendapatkan rumah tanpa perlu menunggu uang terkumpul. Selain itu secara tidak langsung juga akan menghindari resiko semakin tingginya harga rumah setiap tahun. Namun sadar tidak sadar, segala pembayaran dengan sistem kredit itu memiliki resiko yang lebih banyak. inilah kenapa sebelum melakukan pengajuan ada baiknya untuk melakukan pertimbangan dan pemikiran matang terlebih dahulu.

Banyak hal yang terlibat ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan cara kredit, inilah yang perlu untuk disadari. Beberapa hal itu yang diantaranya adalah:

  1. Berkaitan dengan bunga bank yang diwajibkan, bahkan bisa dikatakan jika diperhitungkan memiliki nominal yang cukup besar.
  2. Berkaitan dengan waktu untuk melakukan pembayaran, apalagi kredit rumah sampai dengan puluhan tahun maksimal.
  3. Dana awal atau uang muka yang akan mempengaruhi besar kecilnya cicilan yang akan Anda bayarkan kedepan.

Bukan sesuatu yang mudah memang membeli rumah melalui pembayaran kredit, namun jika Anda sudah yakin untuk membeli perlu pastikan kembali beberapa poin diatas. Selain itu diyakini lagi dengan melakukan perhitungan melalui kalkulator KPR yang bisa memberikan gambaran di halaman ini .

Dengan perhitungan itu Anda bisa mendapatkan perkiraan dari cicilan setiap bulan, bunga total sampai dengan total harga sampai dengan akhir dibandingkan dengan harga awal. Ini penting untuk mempertimbangkan ulang, besarnya cicilan dengan pendapatan Anda setiap bulan.

Pernah melihat orang yang membeli rumah dengan cara mencicil namun berhenti ditengah jalan atau justru rumah tersebut disita oleh bank? Tentu hal itu karena salah satu faktornya tidak melakukan pertimbangan sejak dari awal. Jika sudah memperhitungkan tentu hal-hal buruk seperti itu bisa Anda minimalisir. Apalagi sekarang ini dimudahkan dengan banyak rumus perhitungan yang bisa Anda gunakan untuk melihat perkiraan jumlah cicilan tersebut. Untuk yang penasaran seperti apa penggunaan kalkulator dari KPR terdiri dari 3 indikator penting yaitu:

  1. Jumlah dana yang akan dihitung dari harga rumah lalu dikurangi dengan uang muka yang sudah dibayarkan diawal.
  2. Suku bunga yang saat ini bisa mencapai 12%, namun hal ini bisa Anda lihat dan pilih dari bank yang menawarkan bunga paling rendah.
  3. Jangka waktu pinjaman, perlu diingat untuk proses pengajuan kredit rumah maksimal dilakukan yaitu 30 tahun.

Bank BCA menjadi salah satu bank yang menawarkan produk KPR untuk masyarakat baik subsidi maupun non subsidi. Anda bisa memilih bank tersebut untuk proses pembelian rumah idaman dengan mudah dan cepat. Ditambah lagi bank BCA berusaha memberikan penawaran bunga yang jauh lebih rendah dari pada jenis bank lainnya. Bagi Anda yang berniatan untuk mengajukan, bisa coba cek simulasi KPR dari BCA terlebih dahulu. Atau bisa pula perhitungkan melalui kalkulator KPR yang mudah dan sangat praktis.