Macam Macam Proses Bending

roses pembengkokan atau penekukan menjadi salah satu hal yang sangat penting di dunia industri. Selain itu proses bending sendiri terdapat berbagai variasi. Berikut ini adalah macam-macam proses bending yang sering digunakan.

1. Press Brake

Proses bending yang pertama adalah press brake yang dibantu oleh penekanan dan cetakan tertentu. Proses ini akan menghasilkan tekukan yang sama dengan bentuk cetakannya.

2. Angle

Angle adalah proses pembentukan plat atau besi yang dibuat dengan cara menekuk pada bagian plat tertentu saja. Tujuan dari proses ini adalah untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan.

3. Draw

Proses ini adalah mencetak plat yang memakai roll penekan atau cetakan tertentu. Proses draw ini sangat cepat sehingga bisa menghasilkan produk yang banyak.

4. Roll Forming

Roll forming adalah pembentukan kontur suatu benda dengan memanfaatkan cold working. Proses roll forming biasanya akan dilakukan saat akan melakukan pembentukan yang lebih kompleks.

5. Roll

Pada proses bending, roll merupakan proses yang umum dilakukan untuk membentuk silinder maupun lengkung lingkaran. Plat logam ini bakal disisipkan pada roll yang akan mengalami perputaran.

6. Seaming

Proses seaming ini dilakukan jika akan menyambungkan bagian ujung lembaran logam untuk membentuk benda kerja. Setelah disambungkan, nantinya benda kerja tersebut akan disambungkan dengan roll kecil yang lainnya.

7. Flanging

Proses flanging ini kurang lebih sama dengan seaming. Namun untuk flanging ini adalah untuk melipat sekaligus membentuk permukaan yang jauh lebih besar.

8. Straightening

Proses ini pengerjaannya berlawanan dengan bending yaitu untuk meneruskan atau meluruskan logam. Bisa dikatakan kalau proses ini berbeda dengan proses bending yang sering kita gunakan.

Itulah beberapa macam proses bending yang biasa dilakukan di industri. Untuk mesin bending sendiri Anda bisa membelinya di perusahaan yang jual mesin bending.

Salah satu perusahaan yang kami rekomendasikan adalah Widya Mesindo Raya. Perusahaan ini menjual berbagai kebutuhan mesin untuk industri metal working di Indonesia, salah satunya adalah mesin bending. Ada juga jenis mesin lainnya seperti mesin cutting pipa, mesin end forming, dan mesin swaging.