Manfaat HR Training and Development Bagi Perusahaan

Human Resources (HR) merupakan salah satu bagian yang dimiliki kantor atau perusahaan. Bagian ini mengurusi berbagai hal yang berhubungan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam kantor. Mulai dari pimpinan hingga karyawan yang berpengaruh pada kemajuan dan perkembangan karyawan. Tugas dari HR perusahaan mencakup mengenai pemilihan karyawan yang akan bergabung sehingga seiring dengan prinsip dan nilai yang dipunyai perusahaan. Selain itu juga menjaga kondisi kondusif di dalam kantor, dan masih banyak job lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang HR di kantor. Agar bisa menjadi HR dengan kinerja yang optimal, perusahaan bisa memberikan HR training and development  yang memberikan empat manfaat seperti berikut ini:

1. Lebih memahami tren terbaru

Tugas dari HR mempunyai banyak hal termasuk juga mengajarkan pada karyawan lainnya mengenai cara kerja dari mesin-mesin terbaru yang dipunyai oleh kantor. Sehingga hal tersebut akan membuat HR merupakan posisi pertama yang mendapatkan pengajaran mengenai tren yang sedang digunakan di perusahaan. HR juga yang akan mendapatkan pelatihan mengoperasikan mesin-mesin dan peralatan kantor. Dengan memberikan pelatihan tersebut, maka akan membuat HR dapat mengetahui dan memahami tren terbaru di dalam bisnis untuk kemudian mengajarkannya pada karyawan lainnya. Pelatihan ini juga akan bermanfaat untuk perkembangan perusahaan karena bisa menghilangkan kesenjangan pengetahuan akan tren yang ada di persaingan bisnis dan dunia kerja.

2. Meningkatkan produktivitas pekerjaan

HR training and development juga dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan di dalam perusahaan. Hal tersebut karena pelatihan tersebut akan dapat memberikan pemahaman pada HR sehingga akan membuat kepercayaan diri yang meningkat untuk melakukan pekerjaannya masing-masing. Hal tersebut tentunya akan membuat produktivitasnya meningkat dengan mempunyai skill terbaru yang bisa diaplikasikan pada pekerjaan. Dengan mempunyai kemampuan tersebut akan membuat produktivitas karyawan juga semakin naik yang juga membuat keuntungan bagi perusahaan.

3. Mengerti fungsi dan ruang lingkup manajemen SDM

Manfaat lainnya dari pelatihan yang diberikan pada human resources adalah dapat mengerti mengenai fungsi dan ruang lingkup manajemen SDM. Walaupun mempunyai banyak pekerjaan, tetapi tentunya cakupannya juga terbatas dan mempunyai garis perbedaan yang jelas dengan tugas posisi lainnya. Untuk ruang lingkup pekerjaan ini mengurusi SDM di kantor seperti melatih keahlian karyawan, dapat memberikan pelatihan ulang, cross functional training, pelatihan team, melatih kreativitas yang ada di dalam perusahaan, hingga pelatihan bahasa yang dapat untuk meningkatkan kemampuan dan kesempatan bekerjasama lebih luas.

4. Memahami prinsip pendayagunaan sumber daya manusia

Manfaat terakhir dari pelatihan dan pengembangan HR yang diberikan adalah dapat membantu untuk memahami prinsip pendayagunaan sumber daya manusia di dalam perusahaan. Hal tersebut akan membantu untuk dapat mencapai tujuan perusahaan dengan peningkatan produktivitas dan juga kondisi kantor yang kondusif karena HR dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Dengan manfaat HR training and development seperti di atas, maka perlu untuk kantor memberikan pelatihan yang dibutuhkan dan diberikan bagi Human Resources di kantor. Pelatihan tersebut bisa didapatkan dari lembaga pelatihan kursus bisnis yang bisa dipilih dengan banyak program yang ditawarkan seperti Prasmul-ELI. Lembaga kursus ini menawarkan program salah satunya yang bisa dimanfaatkan untuk perusahaan yaitu human resources management yang memberikan kurikulum pelatihan SDM berdasarkan pengetahuan badan lembaga kursus internasional yang profesional. Sehingga metode dan pelajaran tersebut bisa diterapkan untuk memberikan pelatihan manajemen sumber daya manusia perusahaan.