Manfaat Susu Whey Protein Bagi Kesehatan

Protein whey adalah campuran protein yang diisolasi dari whey, bagian cair susu yang dipisahkan selama produksi keju. Ada dua jenis protein dalam susu 80% casein dan 20% whey dengan manfaat susu whey protein yang baik untuk tubuh. Protein whey tidak berasa dan dikemas dalam bentuk bubuk. Biasanya, produk ini hadir dengan tambahan rasa seperti cokelat, stroberi, dan vanila.

Manfaat Whey Protein untuk Kesehatan

1. Meningkatkan rasa kenyang dan membantu menurunkan berat badan

Protein dikenal membantu penurunan berat badan karena merupakan makronutrien yang paling mengenyangkan. Protein dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 80-100 kalori per hari dan secara otomatis menyebabkan orang mengonsumsi 441 kalori lebih sedikit per hari. Mengonsumsi 25 kalori protein per hari mengurangi keinginan ingin mengonsumsi makanan hingga 60 dan juga makanan ringan.

Mengkonsumsi protein whey adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein harian anda sekaligus mengurangi berat badan. Mengganti sumber kalori lain dengan asupan ini bersama dengan latihan kekuatan dapat menyebabkan penurunan berat badan hingga 3,5 kg sekaligus meningkatkan massa otot.

2. Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam british journal of nutrition, 70 pria dan wanita yang kelebihan berat badan diberi suplemen whey selama 12 minggu dan berbagai parameter seperti lipid dan kadar insulin diukur. Mereka menemukan manfaat susu whey protein  dalam penurunan yang signifikan dalam kolesterol total dan kolesterol ldl pada minggu ke-12 pada kelompok whey dibandingkan dengan kasein.

3. Asma

Protein whey dapat meningkatkan respon imun pada anak dengan asma. Sebuah penelitian kecil terhadap 11 anak yang diterbitkan dalam international journal of food science and nutrition menemukan bahwa anak-anak dengan asma yang mengonsumsi 10 gram protein whey dua kali sehari selama satu bulan memiliki respons kekebalan yang lebih baik.

4. Tekanan darah dan penyakit kardiovaskular

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam international dairy journal menemukan bahwa minuman yang dilengkapi dengan protein whey ini secara signifikan mengurangi tekanan darah pada pasien hipertensi. Mereka juga memiliki risiko penyakit jantung atau stroke yang lebih rendah.

5. Mengurangi penurunan berat badan pada orang dengan hiv

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal clinical and investigative medicine, asupan ini dapat membantu mengurangi penurunan berat badan pada pasien hiv-positif.

Protein whey ini bisa dikonsumsi oleh segala usia baik anak-anak maupun orang tua hingga lanjut usia yang bisa disesuaikan dengan kadar dan kandungan yang dibutuhkan. Bagi orang tua yang ingin memberikan protein whey kepada anaknya, sangat mudah karena ditemukan pada susu seperti nutren junior.

Si kecil bisa mendapatkan manfaat susu whey protein dalam nutren junior memiliki kandungan 50% protein whey yang juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti omega 3, omega 6, probiotik, vitamin, dan mineral yang lengkap untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya yang dibutuhkan sehari-hari untuk mendukung tumbuh kembangnya.