Mudah Dioperasikan, Inilah Fungsi dan Keunggulan Hand Winch!

Seiring berkembangnya zaman, alat-alat bantu kebutuhan manusia pun semakin berkembang. Tentunya, alat-alat ini mampu memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah winch yang merupakan alat mekanik untuk mengangkat atau memindahkan barang serta beban secara horizontal. Adapun salah satu jenis winch adalah hand winch.

Winch merupakan alat yang digunakan untuk menarik beban ke arah samping. Saat ini, winch banyak digunakan agar memudahkan pekerjaan manusia. Alat ini pun banyak dijumpai di industri perkapalan.

Fungsi Hand Winch

Meskipun merupakan bagian dari winch secara umum, tetapi winch jenis ini memiliki beberapa fungsi lainnya. Winch memang memiliki beberapa jenis dan setiap jenisnya ini memiliki fungsi yang berbeda. Untuk mengetahui lebih detail, inilah beberapa fungsinya!

  1. Digunakan untuk menderek beban atau barang yang lebih ringan secara manual.
  2. Digunakan untuk bekerja saat kondisi basah, misalnya di area hutan.
  3. Dapat difungsikan pula untuk menarik kapal.

Keunggulan Hand Winch

Hand winch ini dioperasikan oleh tenaga manusia dan tidak menggunakan mesin. Walaupun winch jenis ini tidak dilengkapi dengan fitur elektrik dan bekerja secara manual, tetapi keunggulan yang ditawarkan cukup menguntungkan. Simak beberapa keunggulannya di bawah ini!

1. Fungsi Pengereman Cukup Baik

Hand winch manual memiliki lapisan zink. Lapisan ini berfungsi sebagai lapisan anti karat. Namun, lapisan ini pun memiliki fungsi lain yaitu membuat pengereman menjadi lebih optimal. Ketika harus mengangkat barang dan mengeremnya secara mendadak, maka lapisan ini dapat berfungsi agar barang tidak terjatuh atau terbentur.

2. Memiliki Konstruksi yang Kuat

Alat ini berpotensi untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Karena memiliki konstruksi yang cukup kuat. Rancangan pada alat ini pun tampak kuat, sehingga memungkinkan untuk dipakai untuk waktu lama dan cenderung awet.

3. Dapat Mengangkat Beban yang Berat

Meskipun seringkali difungsikan untuk beban dan barang yang ringan, ternyata alat ini pun mampu mengangkat beban berat. Hand winch manual ini terbukti dapat mengangkat beban dan barang yang lebih dari satu ton. Hal ini dikarenakan sistem pengamanan pada alat ini lebih baik. Sehingga, akan cukup aman apabila mengangkat beban yang berat.

4. Mudah Digunakan

Karena sistem pengoperasiannya manual, hand winch manual disini lebih mudah digunakan. Dalam winch jenis elektrik, pengguna harus mengetahui terlebih dahulu cara kerjanya. Namun, alat ini tidak memerlukan pengetahuan lebih dalam teknologi. Karena pengoperasiannya pun menggunakan tenaga manusia.

Winch jenis ini memang memiliki keunggulan yang cukup bermanfaat untuk manusia. Alat ini telah banyak dijual di pasaran. Ketahui pula Harga winch 3 ton, sebelum membelinya. Sehingga, Anda dapat membuat rincian budget untuk membeli alat ini.