Poin Penting Cek Lab Ibu Hamil yang Harus Dilakukan Saat Hamil Muda

Cek lab ibu hamil memang sangat penting untuk mengetahui kesehatan serta perkembangan si buah hati, terlebih pada trimester1 atau kehamilan muda. Tentu hal ini perlu pemeriksaan yang intent karena umur kehamilan yang masih muda masih sangat rentan.

Oleh karena itu, pemeriksaan secara rutin harus dilakukan untuk menjaga kesehatan si buah hati atau bundha sendiri. Salah satu hal terpenting yaitu pemeriksaan darah secara rutin oleh ibu hamil.

Pasalnya, dari sample darah yang diambil akan mengetahui berbagai masalah kesehatan yang sedang dialami oleh ibu hamil. Sehingga cek lab ibu hamil sedini mungkin akan lebih efektif untuk penanganan pertama sebelum berdampak langsung pada perkembangan si buah hati.

Rekomendasi Cek Lab Ibu Hamil trimester 1

Ada beberapa proses pemeriksaan kesehatan yang sangat penting untuk ibu hamil, antara lain yaitu tes darah yang akan mendeteksi kondisi kesehatan ibu itu sendiri.

Untuk menjaga kesehatan si buah hati, berikut beberapa cek lab ibu hamil yang harus dilakukan saat hamil muda:

1. Pemeriksaan Darah

Seperti yang sudah dijelaskan, tes darah ini berguna untuk mengukur kesehatan ibu hamil. Dengan mengetahui kadar hemoglobin dalam sel darah merah, atau mengukur peningkatan sel darah putih, maka bisa disimpulkan kondisi kesehatan ibu hamil.

2. Cek Golongan Darah dan Anti Bodi

Cek lab ibu hamil berikutnya yaitu tes golongan dan resus darah ibu hamil. Apabila terindikasi adanya perbedaan resus ibu hamil dan janin, imunoglobulin perlu disuntikan untuk mencegah berbagai hal yang bisa menyerang darah janin melalui pembentukan antibodi.

3. Tes Kadar Gula Darah

Dalam kondisi tertentu, mungkin pemeriksaan kadar gula darah dianjurkan dokter apabila kondisi ibu hamil yang memiliki berat badan diatas normal, terlebih bagi bundha yang pernah ada riwayat diabetes. Hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga kesehatan janin lebih intens dari masalah kesehatan yg dialami ibu hamil.

4. Pemeriksaan Imun

Cek lab ibu hamil yang perlu dilakukan saat hamil muda yaitu cek imunitas. Ini untuk mendeteksi adanya berbagai kemungkinan infeksi yang dialami ibu hamil. Pasalnya, apabila bundha terinfeksi rubella saat kehamilan muda, potensi kecacatan akan semakin besar.

Sebenarnya masih banyak proses pemeriksaan yang harus bundha lakukan, dan tidak hanya cek laboratorium yang berkaitan dengan darah saja. Untuk memastikan kesehatan si buah hati, sebaiknya konsultasi langsung pada dokter spesialis melalui klinik KEHAMILAN SEHAT.

Selain sudah tersedia diberbagai kota besar di Indonesia, bundha akan mendapatkan pelayanan yang kompetitif. Biaya cek lab ibu hamil yang ditawarkan klinik KEHAMILAN SEHAT juga sangat kompetitif dengan layanan seperti di rumah sakit.