Rekap Fintech Indonesia 2020, Peningkatan yang Baik

Rekapitulasi dari AFTECH (Asosiasi Fintech Indonesia) di tahun 2020 menunjukkan perkembangan yang baik bagi dunia fintech. Fintech syariah dan konvensional sama-sama memperlihatkan kinerja yang bagus untuk kepuasan dan kenyamanan pengguna.

Rekap Fintech Indonesia 2020

Melakukan rekapitulasi memberi gambaran akan kinerja dari perusahaan tersebut dan seberapa diterima oleh masyarakat. Inilah rekap dari fintech Indonesia 2020.

Jumlah Anggota AFTECH

Lima tahun ini, jumlah anggota dari Aftech kian melonjak. Tahun 2016 hanya terdapat 24 anggota, kini di tahun 2020 jumlahnya meningkat 80% menjadi 369. Jumlah peningkatan ini memperlihatkan bahwa semakin banyak yang tertarik pada bidang teknologi ini.

Akumulasi Besaran Pembiayaan Fintech

Besaran akumulasi pembiayaan fintech pada tahun 2020 tercatat berjumlah Rp155,9 triliun. Angka ini disalurkan kepada sebanyak 43.000 akun yang terdaftar. Semakin banyak masyarakat yang memutuskan untuk menggunakan fintech sebagai media untuk bertransaksi.

Jumlah Transaksi

Selain memiliki persentase besar di pembiayaan, tercatat juga ada peningkatan jumlah transaksi pada fintech di tahun 2020. Ada sebanyak Rp19,34 triliun transaksi yang tercatat pada tahun 2020. Peningkatan ini akibat dari pandemi yang melanda, dimana semakin banyak orang yang menggunakan pembayaran cashless.

Pada dasarnya fintech syariah dan konvensional sama-sama memberikan kinerja yang baik dan optimal. Rekapitulasi diatas menunjukkan kenaikan minat dari masyarakat dalam menggunakan fintech sebagai media transaksi.

Begitu juga dengan fintech syariah, antara keduanya tidak memiliki perbedaan pada saat memberikan pelayanan pada klien. Hanya saja titik perbedaan yang tampil menonjol dapat terlihat pada akad yang dipakai.

Pada fintech P2P lending syariah lebih menekankan prinsip kerja mereka pada prinsip syariah Islam. Secara garis besar mereka sangat tunduk pada aturan yang sudah tertera pada hukum Islam. Jadi di jenis fintech tersebut tidak menerapkan sistem bunga ataupun denda yang diberatkan kepada peminjam.

Intinya, dengan adanya fintech jenis konvensional maupun syariah sama-sama memberikan keuntungan yang sama. Kehadiran keduanya juga sangat membantu kehidupan masyarakat yang butuh akan solusi mendapatkan modal tambahan. Semoga ulasannya bermanfaat yah!