Review Aplikasi Keuangan BukuWarung yang Wajib Anda Ketahui

 

Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah UMKM. Nah, sebenarnya apa UMKM itu? UMKM ini memiliki kepanjangan yaitu usaha mikro, kecil, dan menengah. Usaha atau bisnis ini biasanya dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha kecil. Namun di setiap usaha pastinya ada tantangan yang harus dilewati salah satunya yaitu dalam masalah pencatatan keuangannya. Banyak pelaku UMKM yang kesulitan mencatat keuangan secara manual.

Padahal pelaku UMKM dapat melakukan pencatatan keuangan dengan bantuan aplikasi keuangan yang mempermudah pengelolaan dan pemantauan laporan keuangan usaha melalui ponsel pintar. Salah satu aplikasi yang bisa dicoba adalah BukuWarung agar usaha terorganisir dan berkembang sehingga menghasilkan banyak keuntungan.

Review Aplikasi Keuangan BukuWarung Mulai dari Cara Registrasi

Sama seperti aplikasi pada umumnya yang mengharuskan Anda memiliki akun, pelaku UMKM yang hendak menggunakan aplikasi keuangan ini diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mendaftarkan nomor ponselnya.

Setelah beberapa saat, kode OTP akan muncul melalui sms atau WA, jadi pastikan nomor yang digunakan masih aktif. Setelah itu ada tahap yang harus diselesaikan yaitu melengkapi identitas yang meliputi nama usaha yang dikelola beserta bidangnya.

Fitur Aplikasi Keuangan BukuWarung Apa Saja?

Ada beberapa fitur aplikasi BukuWarung yang wajib Anda ketahui. Berikut adalah fiturnya:

1. Pencatat Utang Piutang

Fitur pertama yaitu pencatatan utang piutang yang bisa digunakan untuk mencatat pelanggan yang membeli dengan cara utang. Pastinya ada tipe penjual yang kurang teliti dan tipe seperti ini akan lupa untuk menagih utang ke pelanggan yang terkait. Tipe pelanggan yang selalu pura-pura lupa atau dari penjual yang lupa tentunya akan menghambat perkembangan usaha.

Tapi jangan khawatir lagi karena dengan fitur satu ini, penjual akan lebih mudah dalam memantau utang pelanggan. Hal ini juga berlaku jika pelaku usaha memiliki utang terhadap penyuplai ataupun pihak lain.

2. Pencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Kedua ada fitur pencatatan pemasukan dan pengeluaran untuk mencatat penjualan usaha (barang yang terjual setiap harinya denga harga yang sudah ditentukan) dan restock.

Nah, ada juga fitur pencatatan stok yang dibutuhkan pelaku usaha untuk mengecek apakah stok masih ada atau sudah menipis. Apalagi jika barang yang dijual cukup banyak. Dengan begitu, pelaku usaha bisa melakukan restock sebelum barang dagangan habis.

Tujuan dari fitur pencatatan ini agar arus kas usaha bisa tercatat sehingga pelaku usaha tahu kemana perginya keuangan usaha.

3. Fitur Laporan

Terakhir ada fitur laporan yang membuat pelaku usaha bisa melihat daftar laporan harian, mingguan, dan bulanan. Laporan ini nantinya diunduh terlebih dahulu kemudian dicetak sebagai pembukuan usaha.

Jika Anda belum sepenuhnya paham, Anda bisa menyimak ringkasan berikut. BukuWarung adalah aplikasi pencatatan keuangan yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pelaku UMKM dalam mencatat keuangan usahanya. Pencatatan yang dulunya dicatat melalui buku secara manual, kini dengan kemajuan teknologi dan zaman, pencatatan keuangan bisa melalui aplikasi di ponsel pintar.

BukuWarung ini hadir dengan solusi terbaiknya yaitu memberi layanan yang meliputi pengelolaan transaksi penjualan dan utang piutang, pengelolaan stok, pembayaran, dan transfer atau kirim antar bank tanpa biaya admin, serta layanan lain yang akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pelaku UMKM. Selain itu, Anda juga bisa lho melakukan transaksi PPOB untuk jualan pulsa maupun token listrik. Wah, keren bukan?

Bagi Anda yang baru memulai usaha dan bingung dalam pencatatan keuangan, Anda bisa mencoba BukuWarung. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula atau pengguna yang awam karena fitur yang ditawarkan relatif mudah dan simpel. Nah, aplikasi keuangan ini juga lebih unggul jika dinilai mulai dari kecepatan aplikasi dan juga efektifitas penggunaan aplikasinya. Tidak ada ruginya jika Anda mendownload aplikasi BukuWarung dan rasakan keuntungan yang lebih dari aplikasi lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Kembangkan usaha bersama BukuWarung!