Tips Memilih Kertas F4 Untuk Kebutuhan Cetak Buku

 

Kertas dengan ukuran F4 termasuk banyak digunakan dalam dunia percetakan. Terutama untuk kebutuhan kantor dan fotokopi. Jenis kertas ini sering disebut juga dengan nama kertas folio. Bagaimana tips memilih kertas F4 agar bisa sesuai dengan kebutuhan?

Tips Memilih

Kertas F4 memiliki ukuran 21,0 x 33,0 cm untuk ukuran panjang dan lebarnya. Jenis kertas ini juga menjadi salah satu format umum pada pengaturan aplikasi menulis naskah atau dokumen di komputer. Berikut ini beberapa tips untuk memilih kertas F4 yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Memperhatikan Merek

Kenali merek kertas F4 terlebih dahulu di pasaran. Setiap merek memiliki harga berbeda tergantung dari kualitasnya yang cukup bervariasi. Karena meskipun sama-sama berukuran F4 terkadang ada yang kualitasnya bagus dan ada juga yang mudah rusak.

Selain itu, tentukan terlebih dahulu kegunaan dari kertas tersebut apakah untuk fotokopi atau mencetak dokumen tertentu yang berharga.

2. Gramasi Kertas

Gramasi atau yang biasa disingkat dengan gsm merupakan skala dari berat kertas. Pada umumnya, yang sering tersedia di pasaran adalah 60 gsm, 70 gsm, dan 80 gsm. Kertas F4 dengan berat 60 – 70 gsm biasa digunakan untuk fotokopi. Sedangkan ukuran 80 gsm sering digunakan untu kebutuhan dokumen penting.

3. Bahan dan Warna

Sebagian besar kertas F4 memang berwarna putih. Namun, ada juga variasi warna lain seperti merah, kuning, biru, merah muda, hijau, dan lainnya. Kertas yang berwarna cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kertas polos warna putih.

4. Memilih Pemasok yang Tepat

Sebelum membeli kertas F4 yang Anda butuhkan, jangan lupa untuk memilih supplier yang tepat untuk mencukupi kebutuhan fotokopi dan kertas kantor. Penyedia jasa cetak buku murah biasanya juga sudah menyediakan kertas ini dengan kualitas terbaik.

Namun, alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa saja kebutuhan Anda sehingga bisa memilih jenis kertas yang paling tepat.

Tips memilih kertas F4 di atas bisa Anda ikuti agar mendapatkan kualitas terbaik sesuai kebutuhan. Bandingkan harga antara satu vendor dengan yang lainnya untuk mendapatkan yang paling terjangkau.